MAKNA MUSIBAH , COBAAN DAN UJIAN


SWT

Bismillahirrahmamirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
salam sejahtera untuk kita semua..semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan barokah Nya kepada kita semua..aamiin2 Ya Robbalalaamiin

(1)Makna Surat QS. Fushilat [41]: 46 DAN
(2)Apa yang terjadi ,saat Hamba menghadapi cobaan pada Fenomena Ghaib Kisah Nabi Muhammad SAW

*SELAMAT HARI IBU

*TURUT BERDUKA CITA ATAS KORBAN LONGSOR BANJAR NEGARA,JATENG

Semoga Allah SWT menerima arwah para korban di sisiNya yang terbaik,dan memberi ketabahan dan limpahan anugerah kepada para korban yang ditinggalkan /selamat…aamiin
(terjemahan QS Ali imran : 26)
Ya Allah pemilik kerajaan,
Engkau berikan kerajaan kepada siapa yang Engkau kehendaki,
Engkau tanggalkan (hilangkan) kerajaan itu dari siapa yang Engkau kehendaki,
Engkau muliakan siapa yang engkau kehendaki, dan
Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki.
Ditangan Engkau segala kebajikan.
Sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu

Allah SWT berfirman

“Apakah manusia mengira dia cukup mengatakan, “kami telah beriman”, sedangkan mereka tidak di uji”
(QS Al Ankabut:2)

“Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat,maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya.
Dan apa saja yang Allah tahan,
maka tidak seorang pun yang sanggup
untuk melepaskannya sesudah itu.
[QS. Fathir:2]

istighfar dari Nabi SAW. ini:
“Astaghfirullahal-ladzi la ilaha illa Huwal-Hayyul-Qayyum, wa atubu ilaih”
(Aku bersitighfar memohon ampun kepada Allah, Yang tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Mengurus, dan aku bertobat kepada-Nya).

Rasulullah bersabda,
“Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah dan beristighfarlah (memohon ampun) kepada-Nya, sesungguhnya aku beristighfar setiap hari seratus kali.”
(HR Muslim, 1404)

(1)Makna Surat QS. Fushilat [41]: 46
Allah SWT berfirman
“Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh Maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, Maka (dosanya) untuk dirinya sendiri; dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hambaNya”.
(QS. Fushilat [41]: 46)

Cobaan hidup selalu dialami setiap manusia
didalam kehidupannya,baik disebabkan Allah SWT ingin menaikkan derajatnya
dihadapannya,maupun sebab akibat daripada perbuatan seseorang di masa lampau.

Semenjak manusia men daulat dirinya
Dengan mengucapkan 2 (dua ) kalimat Syahadat,artinya yang bersangkutan bersedia /menyanggupi melaksanakan seluruh perintah Allah SWT baik Wajib (Al-Quran) maupun Sunnah Nabi (Hadits),serta menjauhi seluruh laranganNya, selain daripada mengakui sepenuhnya bahwasanya “tiada yang disembah selain Allah SWT dan Nabi Muhammad utusan Allah SWT”.

Maka Allah SWT menyebutkan dalam
(QS. Fushilat [41]: 46),
“dan sekali kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba hambaNya.”

Mengapa Allah SWT menyebut demikian?,
Sebab hal musabab yang disebutkan diatas ,bahwasanya jauhari sebelum Penciptaan Langit dan bumi ,mekanisme kehidupan sudah di ciptakan/diatur Allah SWt,,dan tertuang dalam kitab Lahuful Mahfudz,

Bahwasanya siapa saja yang melanggar aturan Allah SWT dengan berbuat jahat dan keji mungkar ,setelah diturunkannya “PETUNJUK”
didalam kitab suci terakhir yang diturunkan,berupa Al-Quran, lewat utusanNya NABI MUHAMMAD SAW,maka ia lah hamba Allah SWT yang “menganiaya diri /menzolimi sendiri “ serta “dan sekali kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba hambaNya.”,
Bila hambaNya mengalami cobaan didalam kehidupan nya,,maka itu dimungkinkan karena perbuatannya dimasa lampau “yang menganiaya diri sendiri dengan berbuat kejahatan/mungkar (DOSA) serta melanggar yang dilarang oleh Allah SWT yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadits Nabi.
Dan begitu pula bila hambaNya .berbuat baik
Maka Allah akan mengganjar nya dengan “PAHALA” berupa kebaikan baik di dunia maupun di Akherat..itulah mekanisme kehidupan manusia ,yang jauhari sebelum penciptaan langit dan bumi sudah diatur Allah SWT.
.
BAGAIMANA ,RUH MANUSIA DITURUNKAN KE DUNIA ,MENGENDARAI KENDARAAN BERUPA TUBUH MANUSIA DENGAN “GUIDANCE BOOK” YANG CANGGIH DAN TERAKHIR DARI “SANG PENCIPTA ALLAH SWT” ,YANG DAPAT/HARUS DIPAKAI UNTUK MENGATASI /MENGARUNGI KEHIDUPAN YANG MAKIN SERBA RUMIT . SEHINGGA DAPAT SELAMAT BAIK UNTUK KEHIDUPAN DI DUNIA MAUPUN AKHERAT..GUIDANCE BOOK YANG DAPAT DIGUNAKAN HINGGA AKHIR JAMAN NANTI,DAN TIDAKLAH ADA DITURUNKAN KEMBALI SELAIN ITU.selain Al Quran

“Berakit rakit ke hulu
Berenang renang ketepian.
“BERSAKIT SAKIT DAHULU (DUNIA) BERSENANG SENANG KEMUDIAN (AKHERAT)”
PERTANYAAN:
BAGAIMANA KEHIDUPAN KEKAL YANG BAIK (SURGA) MAUPUN DIDUNIA BISA DIDAPAT,HANYA DENGAN MENYEMBAH/BERIBADAH DENGAN TIDAK SUSAH PAYAH ? SEDANG IBLIS /SYAITHON SESUAI JANJINYA ,AKAN TERUS MENGGODA MANUSIA MASUK KEDALAM KESESATAN .BAIK DARI DEPAN,BELAKANG,KIRI KANAN dari diri manusia DAN MEREKAPUN JUGA BERANAK PINAK .SEMAKIN BANYAK DAN MAKIN CANGGIH DIDALAM TIPU DAYANYA?.
Note:SHOLAT LIMA WAKTU ,SUDAH MERUPAKAN HIDAYAH ALLAH SWT ,BERUPA IBADAH YANG PALING RINGAN YANG DISETUJUI OLEH ALLAH SWT,SAAT NABI MENDAPAT PERINTAH UNTUK SHOLAT (ISRA MI’RAJ) DAN MEMOHON KERINGANAN DARI ALLAH SWT .ATAS PERUINTAHNYA UNTUK SHALAT LEBIH DARI 5 WAKTU. _
Begitu penjelasanNya ,
Allah SWT berfirman
“Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh Maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, Maka (dosanya) untuk dirinya sendiri; dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hambaNya”.
(QS. Fushilat [41]: 46)

(2)Apa yang terjadi ,saat Hamba menghadapi cobaan pada Fenomena Ghaib Kisah Nabi Muhammad SAW

Dan bagaimana dengan Ujian Allah SWT terhadap hambaNya agar hambaNya .mendapat kenaikan derajat di hadapanNya ,karena telah lulus ujian?dan sabar menghadapinya?serta tetap istiqomah dalam ber ibadah kepada Nya?
“Allah menjadikan kaum lain untuk menjadi ujian bagi kaum yang lainnya.”
(firman Allah SWT).
“Allah SWT menjadikan ujian .bagi hambanya,tidak lain untuk menaikkan derajat hambaNya di hadapanNya.bila ia bersabar akan dibalas dengan PAHALA TANPA BATAS”

Ujian hidup terhadap manusia /hamba Allah SWT ,bermakna sebagai
“apakah hambaAllah SWT patuh terhadap perintah Allah SWT dan TAHAN terhadap Ujian yang diberikan maupun terhadap GODAAN DARI SYAITHON YANG TERKUTUK untuk berbuat mungkar ,berupa sifat keji ,syirik,dengki ,berbuat kejahatan kejam ,fitnah,tamak ,menghalalkan segala cara ,berbuat maksiat dan lain sebagainya yang semuanya mengikuti ajakan syaithon,untuk melanggar aturan Allah SWT dan membangkang dalam Ke Iman an terhadap sang Khalik,berupa PENGOTORAN terhadap Jiwa serta HATI .dmana tempat Sang Khalik memberi petunjuk dan HIDAYAHNYA” didalam diri manusia..

KARENA HATI tempat pahala berupa hidayah Allah .bagi hambaNya yang selalu mengingatNYa serta patuh terhadap Kitab Al-quran ,,agar mendapat jalan selamat di kehidupan dunia dan akherat,sekaligus tempat dosa bilamana hambaNYa mengikuti ajakan Syaithon.

BERIKUT,BILAMANA SEORANG HAMBA SEDANG MENGHADAPI UJIAN /COBAAN DARI ALLAH SWT.
Apa yang terjadi terhadap hamba Allah SWT……bagaimana mekanisme Allah SWT menjadikan hambaNya dalam aturan
PAHALA dan DOSA…bagaimana NAFSU menjadi tunggangan SYAITHON dan SABAR menjadikan PAHALA TANPA BATAS.

KISAH NABI MUHAMMAD SAW.

Ribuan Malaikat Mendo’akan Orang Yang Di Caci Maki

Suatu hari, Rasulullah SAW bertamu ke rumah Abu Bakar Ash-Shidiq. Ketika bercengkrama dengan Rasulullah, tiba-tiba datang seorang Arab Badui menemui Abu Bakar dan langsung mencela Abu Bakar. Makian, kata-kata kotor keluar dari mulut orang itu. Namun, Abu Bakar tidak menghiraukannya. Ia melanjutkan perbincangan dengan Rasulullah. Melihat hal ini, Rasulullah tersenyum.

Kemudian, orang Arab Badui itu kembali memaki Abu Bakar. Kali ini, makian dan hinaannya lebih kasar. Namun, dengan keimanan yang kokoh serta kesabarannya, Abu Bakar tetap membiarkan orang tersebut. Rasulullah kembali memberikan senyum….

Semakin marahlah orang Arab Badui tersebut. Untuk ketiga kalinya, ia mencerca Abu Bakar dengan makian yang lebih menyakitkan. Kali ini, selaku manusia biasa yang memiliki hawa nafsu, Abu Bakar tidak dapat menahan amarahnya. Dibalasnya makian orang Arab Badui tersebut dengan makian pula. Terjadilah perang mulut. Seketika itu, Rasulullah beranjak dari tempat duduknya. Ia meninggalkan Abu Bakar tanpa mengucapkan salam.

Melihat hal ini, selaku tuan rumah, Abu Bakar tersadar dan menjadi bingung. Dikejarnya Rasulullah yang sudah sampai halaman rumah. Kemudian Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, janganlah Anda biarkan aku dalam kebingungan yang sangat. Jika aku berbuat kesalahan, jelaskan kesalahanku!”

Rasulullah menjawab, “Sewaktu ada seorang Arab Badui datang dengan membawa kemarahan serta fitnahan lalu mencelamu, kulihat tenang, diam dan engkau tidak membalas, aku bangga melihat engkau orang yang kuat mengahadapi tantangan, menghadapi fitnah, kuat menghadapi cacian, dan aku tersenyum karena ribuan malaikat di sekelilingmu mendoakan dan memohonkan ampun kepadamu, kepada Allah SWT.”

Begitu pun yang kedua kali, ketika ia mencelamu dan engkau tetap membiarkannya, maka para malaikat semakin bertambah banyak jumlahnya. Oleh sebab itu, aku tersenyum. Namun, ketika kali ketiga ia mencelamu dan engkau menanggapinya, dan engkau membalasnya, maka seluruh malaikat pergi meninggalkanmu.

Hadirlah iblis di sisimu. Oleh karena itu, aku tidak ingin berdekatan dengan kamu aku tidak ingin berdekatan dengannya, dan aku tidak memberikan salam kepadanya.

Setelah itu menangislah abu bakar ketika diberitahu tentang rahasia kesabaran bahwa itu adalah kemuliaan yang terselubung……..

Allahualam bisawab

Begitulah ,kira kira yang terjadi ,baik terhadap ujian dalam bentuk yang lain terhadap manusia.fenomena ghoib yang terjadi pada takaran pahala dan dosa.

Semoga bermanfaat,
Bagi yang berminat taq atau share untuk handai taulan,saudaranya dipersilahkan..
Insya Allah akan dicatat suatu amal baik
☆Jazakumullahu khayran wa barakallahu fiikum☆

• Free Down Load Free Down Load Free Down Load

Allah SWT berfirman:

“Dan Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.”(Q.S. 7:56)

Rasulullah SAW bersabda;
“Apa saja yang aku larang, hendaklah kalian jauhi dan apapun yang aku perintahkan kepadamu, maka lakukanlah menurut kemampuanmu..” HR. Bukhari, Muslim.

Wallahu’aalam bisawab….
= Segala Kebenaran adalah milik Allah semata …
=======

“ Hisablah dirimu
Sebelum engkau
Di Hisab “
(Sayyidina Umar bin Khattab.r.a.)

Semoga bermanfaat,
Bagi yang berminat taq atau share tuk handai taulan,saudaranya dipersilahkan..
Insya Allah akan dicatat suatu amal baik
☆Jazakumullahu khayran wa barakallahu fiikum☆

• Free Down Load Free Down Load Free Down Load

Segala Puji hanya Milik Allah SWT
Segalanya atas Hidayah Allah

Permohonan ampun .membawa berkah

BILA ada air mata yang paling penuh berkah, ia adalah air mata yang mengiringi hati yang basah menyesali dosa-dosa. Bila ada kata yang paling indah, ia adalah rintihan istighfar, memohon ampunan dari Allah.
“Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kamu kepada Allah dengan sebenar-benarnya taubat.”
(at-Tahrim [66]:
Betapa baginda Rasul –kekasih Ilahi– masih mendesahkan pujian dan permohonan ampun kepada-Nya. Diriwayatkan di dalam Muslim bahwa
Rasulullah bersabda,
“Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah dan beristighfarlah (memohon ampun) kepada-Nya, sesungguhnya aku beristighfar setiap hari seratus kali.”
(HR Muslim, 1404)
Anas bin Malik radhiallahuanhu berkata,
Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sesungguhnya Allah lebih suka menerima taubat seorang hamba-Nya, melebihi dari kesenangan seseorang yang menemukan kembali untanya yang telah hilang daripadanya di hutan.” (HR Bukhari-Muslim)
“Sesungguhnya Allah membentangkan tangan rahmat-Nya pada waktu malam supaya bertaubat orang-orang yang berbuat dosa di siang hari, juga mengulurkan tangan kemurahan-Nya pada waktu siang, supaya bertaubat orang-orang yang berbuat dosa di malam hari.” (HR Muslim)
Manusia yang beruntung
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
• Allah berfirman,
• “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,
hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”
(QS.an-Nur: 31).

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.al-Baqarah: 222).

Rasulullah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.” (HR.Ibnu Majah).

Aisyah r.a berkata,
“Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.” (HR.Bukhari).
=======
Dari Ibn Mas’ud ra, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
“Artinya: Sesungguhnya kebenaran itu menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu menunjukkan kepada Surga. Dan sesungguhnya seseorang itu berlaku jujur(benar) hingga ditulis disisi Allah sebagai orang yg shiddiq. Dan sesungguhnya dusta itu menunjukkan kpd fujur, dan fujur itu menunjukkan kpd Neraka. Dan sesungguhnya seseorang itu berbuat dusta hingga ditulis disisi Allah sebagai pendusta.”
HR: Bukhari dan Muslim.
Allah SWT berfirman:
“Dan TETAPlah MEMBERI PERINGATAN, karena sesungguhnya PERINGATAN itu BERMANFAAT bagi ORANG-ORANG yang BERIMAN.”
-QS. adz-Dzariyat: 55
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW). bersabda;
“Orang yang CERDAS ialah orang yang MENGENDALIKAN HAWA NAFSUnya dan BERBUAT (AMAL SHOLEH) untuk AKHIRAT”
-HR. Tirmidzi
===• Rasulullah bersabda:
“Dua kalimat yang terasa ringan di bibir, tetapi berat dalam timbangan dan dicintai oleh Allah Yang Maha Pengasih:
(Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil-‘azhim)
‘Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya serta Maha Suci Allah, Zat Yang Maha Agung.'”
• (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah r.a.)===
• In sha Allah bermanfaat
Silahkan dibagikan,like,tag
• Free Down Load Free Down Load Free Down Load
• “Ya Allah muliakan dan berkahi dengan hidayahMu,
• saudaraku muslimin/muslimah yang melanjutkan penyebaran
tausiah ini ke sanak /handai taulan untuk jalan kebaikan • di jalan agamaMu,,aamiin “
• Mari kita saling berbagi kebaikan
سُبْحَانَ اللّهِ وَ بِحَمْدِهِ
SALAMKU DI INGATAN

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s