DAJJAL DAN HARI AKHIR


DAJJAL

CIRI CIRI DAJJAL YANG AKAN DATANG DI HARI KIAMAT.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh Rasulullah saw tentang perihal dajjal di dalam Al hadits(As sunnah).
1. Dajjal buta mata kirinya, seorang yang kelihatannya masih muda dan berbadan besar, agak kemerah merahan kulitnya.
2. Tertulis ‘kaaf’ ‘faa’ ‘ra’ ( kafir ) di dahinya yang mengaku sebagai Tuhan.
3. Berambut keriting dan lebat(panjang) dan Ia membawa surga dan neraka,surganya yakni neraka dan nerakanya yakni surga.
4. Dajjal tidak bisa memasuki wilayah mekah dan madinah
5. Dajjal bukanlah makhluk jin atau makhluk sejenisnya melainkan seorang manusia dari keturunan yahudi yang ditangguhkan ajalnya hingga hari kiamat tiba.
6. Ayah dajjal berpostur tinggi,gemuk dan hidungnya seperti paruh burung.
7. Ibu dajjal berpostur gemuk dan banyak dagingnya.
8. Menurut Imam Al barzanji mengemukakan bahwa Ayah dajjal keturunan dari dukun yahudi yang dikenal dengan nama “Syaq”. Dan ibunya adalah dari bangsa Jin.
9. Ia hidup di zaman Nabi Sulaiman as dan mempunyai hubungan dengan makhluk halus. Lalu oleh Nabi Sulaiman as,ia akhirnya ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Walau bagaimanapun kelahiran dan kehidupan masa kecilnya tidak diketahui dengan jelas.
10. Menurut riwayat Shahih Muslim,dajjal itu sudah lama ada wujudnya yang dirantai disebuah pulau dan ditunggu oleh seekor binatang yang bernama “Al jassasah”
11. Dajjal akan tiba disebelah timur dan dajjal akan hidup selama kurun waktu 40 hari ( 1 hari = 1 tahun, hari ke 2 = 1 bulan, hari ke 3 = 1 minggu, hari berikutnya sama seperti hari biasa yakni 37 hari ). Jadi jumlah keseluruhan masa dajjal membuat fitnah dan kerusakan dibumi ialah 14 bulan dan 14 hari.

ADAPUN HADITS NYA SEBAGAI BERIKUT:
* Hadis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Tidak seorang nabi kecuali ia telah memperingatkan kaumnya terhadap sang pendusta yang buta sebelah mata. Ketahuilah bahwa Dajjal itu buta sebelah matanya sedangkan Tuhanmu tidak buta sebelah mata dan di antara kedua matanya tertulis “kaaf”, “faa”, “raa”. (Shahih Muslim No.5219)

* Hadis riwayat Hudzaifah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Dajjal itu buta mata kirinya, berambut lebat, ia membawa surga dan neraka, nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka. (Shahih Muslim No.5222)

* Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Inginkah kamu sekalian aku beritahukan tentang Dajjal, suatu keterangan yang belum pernah diceritakan seorang nabi kepada kaumnya? Sesungguhnya ia buta sebelah mata, ia datang dengan membawa sesuatu seperti surga dan neraka. Maka apa yang dikatakannya surga adalah neraka dan aku telah memperingatkan kalian terhadapnya sebagaimana Nabi Nuh telah memperingatkan kaumnya. (Shahih Muslim No.5227)

* Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra., ia berkata:
Suatu hari Rasulullah saw. pernah bercerita kepada kami suatu cerita panjang tentang Dajjal. Di antara yang beliau ceritakan kepada kami adalah: Ia akan datang tetapi ia diharamkan memasuki jalan-jalan Madinah, kemudian ia tiba di tanah lapang tandus yang berada di dekat Madinah. Lalu pada hari itu keluarlah seorang lelaki yang terbaik di antara manusia atau termasuk manusia terbaik menemuinya dan berkata: Aku bersaksi bahwa kamu adalah Dajjal yang telah diceritakan Rasulullah saw. kepada kami. Dajjal berkata: Bagaimana pendapat kalian jika aku membunuh orang ini lalu menghidupkannya lagi, apakah kamu masih meragukan perihalku? Mereka berkata: Tidak! Maka Dajjal membunuhnya lalu menghidupkannya kembali. Ketika telah dihidupkan, lelaki itu berkata: Demi Allah, aku sekarang lebih yakin tentang dirimu dari sebelumnya. Maka Dajjal itu hendak membunuhnya kembali, namun ia tidak kuasa melakukannya. (Shahih Muslim No.5229)

* Hadis riwayat Mughirah bin Syu`bah ra., ia berkata:
Tidak ada seorang yang bertanya kepada Nabi saw. tentang Dajjal lebih banyak dari apa yang aku tanyakan. Beliau bersabda: Kenapa kamu bersusah-payah menanyakan hal itu? Sesungguhnya ia tidak akan membahayakan kamu. Aku bertanya: Wahai Rasulullah, mereka mengatakan bahwa Dajjal itu membawa makanan dan sungai? Beliau menjawab: Perkaranya lebih ringan di hadapan Allah dari itu. (Shahih Muslim No.5231)

* Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada satu negeri yang tidak dimasuki Dajjal, kecuali Mekah dan Madinah, dan tidak ada satu jalan di Madinah, kecuali terdapat malaikat yang berbaris menjaganya. Maka Dajjal singgah di daerah rawa, kemudian Madinah bergoncang tiga kali goncangan, sehingga seluruh orang kafir dan munafik keluar dari sana menuju ke tempat Dajjal. (Shahih Muslim No.5236)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s