PERUMPAMAAN CAHAYA


cahaya 


“Perumpamaan” CAHAYA ALLAH (An Nuur:35)…

perumpamaan = pendekatan proses/gambaran sesuatu … dibandingkan yang umum/biasa orang pikirkan …. yang sering dilihat mata.
kata “seperti” = memudahkan logika/penggambaran dalam berpikir kalbu

Allah (ٱللَّـهُ) cahaya (نُورُ) langit {ٱلسَّمٰوٰتِ} dan bumi {وَٱلْأَرْضِ}. PERUMPAMAAN {مَثَلُ} cahaya Allah (cahaya-Nya/نُورِهِۦ), seperti lubang {كَمِشْكَوٰةٍ}, di dalamnya {فِيهَا} pelita (مِصْبَاحٌ). Pelita itu (ٱلْمِصْبَاحُ) di (فِى) dalam kaca (زُجَاجَةٍ) kaca itu (ٱلزُّجَاجَةُ) seakan-akan (seperti/كَأَنَّهَا) PLANET (PLANET/KAWKABUN/كَوْكَبٌ/ bersifat “memantulkan sinar”) berkilauan {دُرِّىٌّ}, ia dinyalakan {يُوقَدُ}dari (مِن) pohon (شَجَرَةٍ) yang banyak keberkahannya (مُّبٰرَكَةٍ), pohon zaitun (زَيْتُونَةٍ) tidak {لَّا} tidak di sebelah timur (شَرْقِيَّةٍ) dan tidak {وَلَا} pula di sebelah barat (غَرْبِيَّةٍ), hampir-hampir {يَكَادُ} minyaknya {زَيْتُهَا} dia menerangi {يُضِىٓءُ}, walaupun {وَلَوْ} tidak {لَمْ} menyentuhnya {تَمْسَسْهُ} api {نَارٌ}. Cahaya {نُّورٌ} di atas {عَلَىٰ} cahaya (نُورٍ), memberi PETUNJUK {يَهْدِى}Allah {ٱللَّـهُ} kepada cahaya-Nya {لِنُورِهِۦ} siapa/orang {MAN} dia kehendaki {يَشَآءُ}, dan membuat {وَيَضْرِبُ} Allah {ٱللَّـهُ} perumpamaan {ٱلْأَمْثٰلَ} bagi manusia {manusia bumi/لِلنَّاسِ}, dan Allah {وَٱللَّـهُ} dengan segala {بِكُلِّ} sesuatu {شَىْءٍ} Maha Mengetahui {عَلِيمٌ} ﴾ An Nuur:35 ﴿

﴾ An Nuur:35 ﴿ terjemah Depag RI
Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. PERUMPAMAAN { مَثَلُ} cahaya Allah, adalah SEPERTI sebuah lubang { كَمِشْكَوٰةٍ} yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat PERUMPAMAAN { ٱلْأَمْثٰلَ} bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

۞ ٱللَّـهُ نُورُ ٱلسَّمٰوٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشْكَوٰةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ ٱلْمِصْبَاحُ فِى زُجَاجَةٍ ۖ ٱلزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّىٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِى ٱللَّـهُ لِنُورِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَيَضْرِبُ ٱللَّـهُ ٱلْأَمْثٰلَ لِلنَّاسِ ۗ وَٱللَّـهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ ﴿النور:٣٥﴾
…………………………>
maka ALLAH …. membuat PERUMPAMAAN, …. gunanya MEMUDAHKAN, perumpamaan bukan ARTI yang sesungguhnya. hanya pendekatan MUDAHnya manusia MEMAHAMI.

CAHAYA Allah =
clue 1 seperti LOBANG كَمِشْكَوٰةٍ didalamnya فِيهَا pelita مِصْبَاحٌ
clue 2 pelita itu ٱلْمِصْبَاحُ di فِى dalam KACA زُجَاجَةٍ
clue 3 KACA itu ٱلزُّجَاجَةُ seakan-akan (seperti) كَأَنَّهَا BINTANG (yang memantulkan cahaya dari pelita) كَوْكَبٌ berkilauan دُرِّىٌّ
clue 4 ia (bintang yang memantulkan cahaya dari pelita/kaca) dinyalakan يُوقَدُ dari مِن pohon شَجَرَةٍ banyak keberkatan (banyak keistimewaan) مُّبٰرَكَةٍ zaitun زَيْتُونَةٍ tidak لَّا sebelah timur شَرْقِيَّةٍ dan tidak وَلَا di sebelah barat

………………………>>
jadi IA (cahaya itu/ perumpamaan cahaya Allah) …. seperti BINTANG tapi TIDAK ada API …. bersinar TANPA API seperti pohon ZAITUN.
bintang itu bersifat KACA = memantulkan cahaya dari pelita (sumber cahaya itu).

cahaya نُّورٌ diatas عَلَىٰ cahaya نُورٍ

CAHAYA itu REFLEKSI /pantulan dari pelita/sumber cahaya/dari pembakaran (matahari/ bintang) …. jadi KAWAKIB (PLANET) itu Bukan Bintang/matahari. walau terlihat dari BUMI (tempat kita melihat) seperti BINTANG/star (pelita/obor/cahaya yang dihasilkan dari pembakaran unsur)

………………………………………….>>>
“perumpamaan cahaya Allah” seperti CAHAYA PLANET (cahaya yang dihasilkan dari PANTULAN sinar matahari yang mengenainya)

…. tidak perlu ada PELITA/obor …. seperti KACA. tidak perlu ada pembakaran dari api …. seperti sinar zaitun

﴾ Nuh:16 ﴿
Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita?

………………………………… >>>>
maka benar kita seperti melihat ALLAH = melihat BULAN (ingat bulan memantulkan cahaya matahari)

“Wajah-wajah (orang-orang mu’min) pada hari itu berseri-seri (indah). Kepada Rabbnyalah mereka melihat” (QS al-Qiyaamah:22-23)

“Sesungguhnya (Sholat) itu memang berat kecuali bagi mereka yang khusyu yaitu mereka yang yakin akan berjumpa dengan Tuhan mereka, dan sesungguhnya mereka akan kembali kepadaNya”. (QS. Al-Baqarah 2 : 45)

“Dari Abi Hurairah r.a, sesungguhnya orang-orang (Para Sahabat) bertanya : Ya Rosulullah, apakah kita bisa melihat Tuhan kita di hari kiamat ? Maka Rasulullah menjawab : “Sulitkan kamu melihat bulan di malam bulan purnama ? Para sahabat menjawab : Tidak ya Rasulullah. Rasulullah berkata lagi : “Apakah kamu sulit melihat matahari diwaktu tanpa awan ?”Pra sahabat menjawab : Tidak ya Rasulullah. Sesungguhnya kamu akan melihat Tuhan seperti itu”. ( HR Bukhari dari Abu Hurairah )

hadits yang diriwayatkan oleh Jarir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian (Allah Ta’ala pada hari kiamat nanti) sebagaimana kalian melihat bulan purnama (dengan jelas), dan kalian tidak akan berdesak-desakan dalam waktu melihat-Nya…”[16].

“Sekali-kali tidak, sesungguhnya mereka (orang-orang kafir) pada hari kiamat benar-benar terhalang dari (melihat) Rabb mereka” (QS al-Muthaffifin:15).

“Aku meminta kepada-Mu (ya Allah) kenikmatan memandang wajah-Mu (di akhirat nanti) dan aku meminta kepada-Mu kerinduan untuk bertemu dengan-Mu (sewaktu di dunia)…”[13]. HR An Nasa-i dalam “As Sunan” (3/54 dan 3/55), Imam Ahmad dalam “Al Musnad” (4/264)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s