ENERGI POSITIV DI DALAM AL QUR’AN


Macam-Macam Energi di Dalam Al-Quran

1. Energi Panas (Kalor)
ke dalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api, (Q.S. Al-Mu’min : 72)

Ayat tersebut menjelaskan air yang sangat panas, itu menunjukkan bahwa air tersebut memiliki energi kalor/panas

2. Energi Cahaya
Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, (Q.S. Asy-Syams : 1)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa matahari memiliki energi cahaya.

3. Energi Angin
Dan Allah, Dialah Yang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awan itu ke suatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya dengan hujan itu. Demikianlah kebangkitan itu. (Q.S. Faathir : 9)

Ayat tersebut menunjukkan angin yang memiliki energi, salah satu buktinya adalah angin itu menggerakkan awan.

4. Energi Bunyi
Dan satu suara keras yang mengguntur menimpa orang-orang yang zalim itu, lalu mereka mati bergelimpangan di rumahnya, (Q.S. Huud : 67)

Ayat tersebut menunjukkan “suara keras”. Sedangkan suara itu adalah termasuk energi bunyi.

5. Energi Air
Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. (Q.S. Az-Zumar : 21)

Ayat tersebut menjelaskan beberapa fungsi air, salah satunya yaitu untuk menumbuhkan tanam-tanaman.

6. Energi Kinetik
pada hari ketika manusia lari dari saudaranya, (Q.S. ‘Abasa : 34)

Ayat tersebut menjelaskan “manusia lari dari saudaranya”. Sedangkan berlari adalah salah satu contoh penerapan energi kinetik, karena berlari pasti memiliki kecepatan.

7. Energi Mekanik
Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,(Q.S. Maryam : 25)

Ayat tersebut menjelaskan jika pangkal pohon kurma tersebut digoyang, maka buah kurma tersebut akan jatuh ke bawah/permukaan tanah. Di dalam fisika, baik ketika buah kurma tersebut di atas pohon, pada saat jatuh ke permukaan tanah, dan sudah berada di tanah. Buah kurma tersebut memiliki energi mekanik.

8. Energi Potensial
Maka Musa menjatuhkan tongkatnya, lalu seketika itu juga tongkat itu menjadi ular yang sebenarnya. (Q.S. Al-A’raaf : 107)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Nabi Musa menjatuhkan tongkatnya. Sebelum Nabi Musa menjatuhkan tongkatnya atau ketika tongkatnya masih berada di tangan Nabi Musa, tongkat tersebut memiliki energi potensial.

9. Energi Kimia
“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Alkitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya, padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa.” (Q.S. Al-Hadiid : 25)

Ayat tersebut menjelaskan tentang besi yang merupakan salah satu unsur di dalam kimia dengan lambang Fe.

10. Energi Radiasi
Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari itu, (Q.S. Al-Kahfi : 90)

Energi Radiasi adalah energi elektromagnetik yang bergerak dalam gelombang transversal. Sedangkan salah satu contoh dari energi radiasi adalah cahaya/sinar matahari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s