RAJAB PUN TIBA


RA

DAN RAJAB PUN TIBA

Sahabat fillah….

Tak terasa kita akan memasuki bulan Rajab, satu diantara bulan-bulan haram. Dinamakan bulan haram kerana Allah azza wa jalla mengharamkan peperangan & kedzaliman di dalamnya. Ini tidak berarti bahwa boleh melakukan kedzaliman diluar bulan tersebut. Akan tetapi larangan berbuat dzalim di bulan-bulan haram lebih ditekankan lagi

Walaupun bulan ini secara khusus dimuliakan Allah azza wa jalla, tidak serta merta bisa dijadikan alasan untuk mengkhususkan amalan-amalan tertentu di dalamnya. Karena amal ibadah sifatnya tauqifiyah, hukum asalnya haram untuk dilakukan sampai ada dalil yg menunjukkan landasan ibadah tersebut.

Syariat kita juga telah menetapkan bahwa tidak boleh mengkhususkan ibadah tertentu pada waktu tertentu tanpa adanya dalil yg sohih baik dari Al Qur’an maupun As Sunnah. Rasulullah shallahu alaihi wasallam bersabda: ” Barangsiapa yg melakukan satu amalan yang tidak kami perintahkan, maka amalan tersebut tertolak” (HR. Muslim)

Berikut ini kami paparkan secara ringkas beberapa amalan yg populer di bulan Rajab

1. Sholat Raghaib

Ibadah sholat ini tidak dikenal dikalangan salafusshalih, ia baru muncul pada abad ke 5 hijriah. Tidak ada hadits sohih yang bisa dijadikan hujjah atas disyariatkannya amalan ini. Adapun riwayat yg mengatakan: ” Bulan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku, dan tidaklah seseorang melakukan puasa pada kamis pertama bulan Rajab, kemudian melakukan sholat antara magrib dan isya, membaca surat al fatihah sekali, inna anzalnahu fii lailatil qadr” tiga kali, Qul huwallahu ahad 12 kali dan melakuan salam pada setiap dua rakaatnya, dan bila telah selesai melaksanakan shalat dia bershalawat kepadaku 70 kali kemudian berdoa meminta apa saja niscaya akan dikabulkan untuknya dst…” Riwayat ini adalah riwayat palsu.

Selengkapnya di:

http://abulfayruz.blogspot.com/2014/05/dan-rajab-pun-tiba.html

__________________

Ditulis oleh:Ust.Aan Chandra Thalib
Madinah 30-06-1436 H
ACT El-Gharantaly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s