HIKMAH DARI KEHIDUPAN


11146249_834423616632775_3304525175657605176_n

Jika telur dipecahkan oleh kekuatan dari luar, maka kehidupan di dalam telur akan berakhir. Tapi, jika telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam, maka kehidupan baru telah lahir. Hal-hal besar selalu dimulai dari dalam. Kunci terpenting kesuksesan ialah tindakan nyata yang dimulai dari dalam.
Allah tak pernah menjanjikan bahwa langit itu selalu biru, bunga selalu mekar & mentari selalu bersinar. Tetapi ketahuilah bahwa Dia selalu memberi pelangi disetiap badai, memberi senyum disetiap air mata, memberi berkah disetiap cobaan, & memberi jawaban disetiap Doa.
Jangan pernah menyerah, teruslah berjuang & nikmati setiap ujian yang dihadapi. Jadikan doa sebagai penolongmu karena Doa orang benar jika yakin dengan yang didoakan, sungguh amat besar kuasanya.
Nabi Muhammad berkata:”Hidup didunia seperti menyebrang jalan”. Mungkinkah orang yang menyebrang jalan bersenda gurau & bersantai ria, kecuali ia akan tertabrak kendaraan. Maka jalanilah hidup seperti orang yang menyebrang. Orang yang menyebrang jalan pastilah tetap maju kedepan, fokus ketempat tujuan, selalu waspada, & tak mungkin mundur kebelakang bila sudah melangkah. Hidup bukanlah tujuan, melainkan perjalanan, maka nikmatilah.
Hidup adalah tantangan, maka hadapilah
Hidup adalah anugrah, maka terimalah
Hidup adalah pertandingan, maka menangkanlah
Hidup adalah tugas, maka selesaikanlah
Hidup adalah cita-cita, maka capailah
Hidup adalah misteri, maka singkapkanlah
Hidup adalah lagu, maka nyanyikanlah
Hidup adalah keindahan, maka bersyukurlah
Hidup adalah teka-teki, maka pecahkanlah
Hidup adalah perjuangan, maka teruslah semangat.
Allah tidak memberikan apa yang kau inginkan, tapi Dia memberikan apa yang kau butuhkan. Jangan salahkan Allah jika kau jatuh, Dia hanya mengajarkanmu agar kau mampu bangun & bisa berdiri sendiri.
Kebahagiaan tidak diukur dengan kekayaan, tetapi dari rasa syukur terhadap setiap yang kita miliki.
1 hal yang membuat kita bahagia adalah cinta
1 hal yang membuat kita dewasa adalah masalah
1 hal yang membuat kita hancur adalah putus asa
1 hal yang membuat kita maju adalah usaha
1 hal yang membuat kita kuat adalah doa.
Perbedaan yang Allah ciptakan janganlah membuat kita saling berselisih & saling memusuhi. Dia ciptakan perbedaan agar kita bisa saling membutuhkan, saling menguatkan, saling melengkapi, saling berbagi, & saling kenal mengenal. Rumah yang kokoh & kuat takkan tercipta tanpa adanya bahan-bahan yang berbeda, seperti: bata, semen, genteng, kayu, kaca, bambu, dsb, yang saling menyatu & melengkapi. Di tengah perbedaan itu kita disuruhNya berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam kebaikan sehingga kita menjadi semakin maju & kuat. Tuhan berfirman: “Jika Allah menghendaki, pasti kamu semua dijadikan 1 umat saja (1 agama saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikanNya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.” (QS.5:48). Janganlah berlomba mengumpulkan harta dibumi, karena ada ngengat & karat yang dapat merusakannya serta ada pencuri yang dapat membongkar & mencurinya. Tapi berlombalah mengumpulkan harta diakhirat, karena tiada ngengat & karat yang merusakannya serta tiada pencuri yang membongkar & mencurinya.
Tak masalah seberapa lambat kau berjalan asalkan kau tidak berhenti.
Dalam rangka untuk berhasil, keinginanmu untuk sukses harus lebih besar dari ketakutanmu akan kegagalan. Dan saat jelas bahwa tujuanmu tak dapat tercapai, jangan membenarkan tujuan, tetapi benarkan langkah-langkah dari tindakan.
Kembangkanlah sukses dari kegagalan. Karena kegagalan & kekecewaan yang Tuhan adakan hanyalah 2 batu loncatan yang paling pasti menuju sukses.
Nabi Muhammad berkata: “Tangan (kekuasaan) Allah bersama aljama’ah (persatuan dalam kebersamaan)”. Jika semua orang bergerak maju bersama-sama, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya.
Kita memang tidak bisa mengubah arah angin (taqdir), tetapi kita bisa mengatur layar untuk selalu mencapai tujuan kita. Teruslah berjalan & jangan biarkan alasan apapun menghalangi jalanmu karena terus maju ialah satu-satunya cara untuk menyelesaikan sesuatu.
Allah memaafkan orang yang memaafkan orang lain & mengampuni orang yang mengampuni orang lain. Allah yang maha tersembunyi akan membalas kebaikan kepada hambanya yang bersedekah dengan tersembunyi & berbuat baik ditempat tersembunyi.
Berbahagialah orang yang miskin dihadapan Allah & teraniaya, karena merekalah penghuni surga. Berbahagialah orang yang berduka, karena mereka akan dihiburNya. Berbahagialah orang yang lapar & haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan olehNya. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena ia akan melihat Allah. Hendaknya keimananmu bercahaya didepan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik & memuliakan Allah.
Jangan sibukan dirimu dengan memikirkan masa lalu & masa depan, tapi fikirkanlah apa yang harus kau lakukan sekarang ini yang terbaik untukmu. Allah tak menuntutmu menjadi yang terbaik, tapi menyuruhmu melakukan yang terbaik semampumu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s