KUNCI IBADAH


11108843_475646002594567_6894424619692518080_n

MENJAWAB TANYA

Pertanyaan:
Mas Aan, apa ada dalilnya bermaaf2an di malam nisfu sya’ban? Banyak sekali yang mengirimkan seperti itu, terimakasih dan maaf merepotkan

Jawaban:

Meminta maaf dan memberi maaf adalah perbuatan yang mulia. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لأَحَدٍ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَىْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ ، قَبْلَ أَنْ لاَ يَكُونَ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ ، إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ » .

“Siapa yang pernah mendzalimi seseorang, baik terhadap kehormatannya atau apapun, maka hendaklah ia bersegera meminta untuk dihalalkan darinya pada hari ini juga,! sebelum masa dimana emas dan perak tidak lagi bermanfaat. (yang ada adalah) jika dia mempunyai amal shalih, maka akan diambil darinya sesuai dengan kadar kezhalimannya, jika dia tidak mempunyai kebaikan, maka akan diambilkan dosa lawannya dan ditanggungkan kepadanya”. (Hadits riwayat Bukhari)

Akan tetapi mengkhususkan waktu untuk saling bermaaf-mafan baik di malam Nisfu Sya’ban maupun menjelang Ramadhan merupakan perbuatan yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Padahal semenjak diangkat menjadi Rasul, beliau telah melewati lebih kurang 23 kali malam Nisfu Sya’ban dan 8 kali ramadhan, namun tidak ada satupun riwayat yang menyebutkan bahwa beliau meminta maaf atau menganjurkan ummatnya untuk saling bermaaf-mafan pada malam Nisfu Sya’ban maupun menjelang Ramadhan.

Jadi tidak sepatutnya kita menganjurkan pada orang lain perkara yang tidak pernah dikerjakan dan dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s