ISLAM MEMBERIKAN KEDAMAIAN DAN KEBENARAN


ISLAM ADALAH AGAMA YANG PENUH KEDAMAIAN DAN MENGJARKAN PADA KEBENARAN

Allah berfirman

]ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ.

“Serulah (manusia) ke jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhan-mu, Dialah Yang Mahatahu tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah Yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”(QS an-Nahl [16]: 125).

Banyak hal yang terjadi di belahan dunia yang menyudutkan Islam. Tak hanya itu, teroris yang mengatas namakan Islam telah mencoreng Islam. Tapi apapun itu Islam adalah agama yang damai dan penuh kasih. Jika banyak orang yang beranggapan Islam adalah teroris, keras, dan brutal itu adalah tidak benar. Jika Islam seperti itu mana mungkin banyak pengikutnya? Sering kali orang yang hanya mengenal selintas dari luar dengan mudah dan percaya bahwa Islam adalah teroris. Islam bukan agama yang mengajarkan kesesatan. Tapi Islam mengajarkan kita untuk hidup damai sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW,

Rosulullah bersabda :

Kejahatan dan perbuatan jahat, keduanya sama sekali bukan ajaran Islam. Dan orang yang paling baik Islamnya ialah yang paling baik akhlaqnya. [HR. Tirmidzi]

Allah SWT Al-Latif (Maha Lembut). Itu artinya Allah telah mengajarkan kepada Nabi Muhammad untuk bersikap lemah lembut. Lalu beliau mengajarkannya pada kita umatnya agar kita bersikap lembut.
Sesungguhnya Allah itu lemah-lembut. Ia mencintai kelemah-lembutan dalam segala hal. Dan Dia akan memberi apa yang tidak Dia berikan kepada kekerasan. [HR. Bukhari]

Sungguh agama Islam selalu indah mengajarkan untuk berbuat baik. Dan ini terbukti pada sikap Nabi Muhammad yang menjadi suri taulan yang baik.

Allah berfirman

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab:21).

Satu lagi sikap Nabi Muhammad yang menunjukan sikap kasihnya adalah ketika ada seorang yahudi tua(pak tua/pengemis) ketika beliau menghampirinya.. pengemis itu berkata`tahukah kamu bahwa Muhammad itu gila?` pak tua tak tau di berbicara dengan siapa. Tapi dengan sikap lembutnya beliau bahkan menyuapi nya setiap pagi tanpa pak tua menyadari. Suatu ketika setelah beliau meninggal. Umar bin khatab menghampiri pak tua dan menyuapi pak tua. Lalu pak tua berkata `kau bukan org yg menyuapiku seperti biasa?caramu berbeda…orang yang menyuapi ku setiap hari selalu dengan cara yg lebih lembut. Siapa kau?`. Lalu umar bin khatab menjawab `aku memang bukan orang yg biasa menyuapimu. Tahukah kamu yg selalu menyuapimu? Dialah Muhammad yang kau hina dan anggap gila`. Seketika pak tua itu menangis dan dia menyesal telah menghina beliau dan berpikiran buruk terhadap beliau.
Allah al latif maha lembut…lalu mengajarkan pada Nabi untuk senantiasa bersikap lembut. Itulah Nabi Muhammad selalu sabar, rendah hati dan bersikap lembut pada siapapun.

PENUTUP

Balaslah kejelekan dengan kebaikan.

Allah Ta’ala berfirman:

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ (34) وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ (35)

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.” (QS. Fushilat: 34-35)

# Mudah2an bermanfaat buat sudaraku dan diriku … Wallahua’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s