THE MONTHS OF MUHARRAM


imagesBismillah..
Ashsholaatu Wassalamu Alaa Rasuulillah.
Saudaraku..
Bulan Muharram adalah bulan yang pertama di tahun hijriyah dan ia salah satu bulan suci yang mana Allah sangat mengagungkannya.
Allah berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ

” Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu (QS. at Taubah : 36).

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

الزَّمَانُ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ ” .

“Waktu itu akan terus berputar sejak Allah menciptakan langit dan bumi, Setahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan suci, tiga bulan berturut turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah, MUHARRAM, dan Rajab di antara bulan Dzumadi Atsaniyah dan Sya’ban “.( Shahih. Bukhari no. 3167, Muslim no.1679 dari Sahabat Abu Bakrah radhiallahu anhu).

👉 Adalah Amalan Khusus di bulan Muharrom?

Saudaraku..
pada dasarnya bulan Muharrom adalah bulan untuk memperbanyak amal shaleh, karena beramal di dalamnya akan di lipat gandakan oleh Allah.
sebagaimana yang di katakan oleh Al Imam Ibnu Abbas radhiallahu Anhu, beliau berkata:

فجعلهن حراما وعظم حرماتهن وجعل الذنب فيهن أعظم والعمل الصالح والأجر أعظم

“Allah menjadikan (empat bulan) sebagai bulan suci dan keharaman di dalamnya sangatlah besar, dan Allah melipat gandakan dosa yang di lakukan di dalam bulan tersebut, dan begitu pula beramal shaleh di dalam bulan tersebut lebih besar pahalanya”. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir 2)

Atsar dari Ibnu Abbas di atas menunjukkan bahwa semua amalan shaleh yang di lakuakn di bulan suci maka akan di lipat gandakan oleh Allah, begitu juga dengan berbuat dosa di dalamnya akan di lipat gandakan.

Amalan shaleh yang umum di bulan Muharram seperti Shalat sunnah, sedekah, membaca Al Quran, menghadiri majlis ilmu dan yang lainnya.

Adapun amalan khusus yaitu berpuasa.

👉 Bolehkah Berpuasa dari awal bulan Muharrom sampe akhir?

Jawabannya: Boleh. Boleh berpuasa dari awal Muharram sampai akhir, ataupun sebagian nya saja,
di lihat dari keumuman hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam:

أفضلُ الصيامِ ، بعدَ رمضانَ ، شهرُ اللهِ المحرمِ . وأفضلُ الصلاةِ ، بعدَ الفريضَةِ ، صلاةُ الليلِ
الراوي: أبو هريرة المحدث:

“Puasa yang paling afdhal setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Al Muharram, dan shalat yang paling afdal setelah shalat wajib adalah shalat tahajjud “.( Shahih. Muslim no.1163, Ibnu Hibban dalam Shahihnya no.3636, Lihat juga kitab At Tamhid 13/210 oleh ibnu Abd.Barr, Syeikh Al Bani dalam Shahih Nasa’i no.1612, Shahih Tirmidzi no.438 dari Sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu).

Namun, boleh bagi kiga berpuasa hanya beberapa hari saja, sesuai dengan hadits dari Aisyah bahwa beliau berkata :

وما رأيتُ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ استكمل صيامَ شهرٍ قطُّ إلا رمضانَ . وما رأيتُه في شهرٍ أكثرَ منه صيامًا في شعبانَ .

” Aku benar benar tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya’ban.” (Shahih. Bukhari no.1969, Muslim no.1156, Abu Dawud no.2434, Ibnu Hibban no.3648 ).

Hadits di atas menunjukkan bahwa Rasulullah tidak terlalu banyak berpuasa di bulan Muharrom, dan beliau memperbanyak puasa di bulan Sya’ban.

Saudaraku…
namun yang perlu di ketahui bahwa ada satu hari yang apabila seseorang berpuasa di dalamnya maka dosa nya setahun yang lalu akan di ampuni oleh Allah, yaitu hari ASYURA’ .

Rasulullah di tanya tentang puasa Asyura’, maka beliau menjawab :

…..وصيامُ يومِ عاشوراءَ ، أَحتسبُ على اللهِ أن يُكفِّرَ السنةَ التي قبلَه ” .

“”Puasa Asyura’ Aku berharap bahwa Allah akan mengampuni dosa setahun yang lalu”.( Shahih. Muslim no.1162, Abu Dawud no.2425, Ibnu Hibban no.3632, Lihat juga Shahih Al Jami’ no.3853 dari sahabat Abu Qotadah radhiallahu anhu).

👉 Apakah dosa yang di hapus adalah dosa besar atau dosa kecil?

📕Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan :

وتكفير الطهارة، والصلاة وصيام رمضان، وعرفة، وعاشوراء للصغائر فقط

“Dosa yang di hapus dengan berwudhu, Shalat, puasa Ramadhan , puasa Arafah, dan Puasa Asyura’ adalah hanyalah dosa KECIL”.( Lihat Fatawa al Kubra Li Asy Syaikhul Islam Ibni Taimiyah 2/428 Maktabah Daarul Ilmiyah, Beirut )

Saudaraku..
Pada dasarnya puasa Asyuro adalah wajib sebelum di wajibkan puasa Ramadhan.

Sebagaimana hadits dari Aisyah radhiallahu anha.
beliau berkata :

كان رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم أمر بصيامِ يومِ عاشوراءَ، فلما فُرِضَ رمضانُ، كان من شاء صام ومن شاء أفطرَ.

” Adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan (Mewajibkan) berpuasa Asyura’, ketika Ramadhan di wajibkan oleh Allah, (maka puasa Asyura menjadi sunnah), siapa yang ingin berpuasa maka berpuasalah, siapa yang ingin berbuka maka berbukalah”.( Shahih. Bukhari no.2001, Lihat juga Fathul Baari juz 4/348 Bab as Syiyam Yaumi Asyura).

👉 Hari Asyura adalah hari yang Allah menyelamatkan Nabi Musa.

dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma, beliau berkata :

قَدِمَ النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم المدينةَ، فرأَى اليهودَ تصومُ يومَ عاشوراءَ، فقال : ( ما هذا ) . قالوا : هذا يومٌ صالحٌ، هذا يومَ نجَّى اللهُ بني إسرائيلَ من عدُوِّهم، فصامه موسى . قال : ( فأنا أحقُّ بموسى منكم ) . فصامه وأمَر بصيامِه .
“Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam mendatangi Madinah, beliau melihat orang orang Yahudi berpuasa di hari Asyura’, lalu beliau bertanya ” Kenapa kalian lakukan ini (berpuasa)? Mereka menjawab” Ini adalah hari yang baik, hari yang mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya, Maka Musa berpuasa (Sebagai bentuk kesyukuran), Maka Beliau bersabda :” Aku yang berhak mengagungkan/mengikuti Musa dari pada kalian”, Maka beliau berpuasa dan memerintahkan kepada para sahabatnya untuk berpuasa”.( Shahih.HR. Bukhari no.2004).

👉 Bagaimana caranya untuk menyelisihi orang orang yahudi?

saudaraku..
ketahuilah bahwa orang orang yahudi juga berpuasa di hari Asyura’, Maka kita ummat Islam tidak boleh menyerupai orang_orang kafir dalam segala hal.

Maka di sunnahkan untuk berpuasa di tanggal 9 Muharram.

📝 Rasulullah Bersabda :

لئن بقِيتُ إلى قابلٍ لأصومَنَّ التاسعَ

“Kalau aku masih hidup di tahun depan, maka aku akan berpuasa di tanggal sembilan ( Muharram)”.( Shahih. HR. Muslim no.134, 133, 1134, Abu Dawud no.2445, Tirmidzi no.755, Ahmad Syakir dalam Musnad Ahmad 5/76, Lihat juga Shahih Al Jami’ no.5052, At Tamhid 7/214 oleh Ibnu Abdil Barr, dari Sahabat Ibnu.Abbas radhiallahu anhu).

📕 Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan :

يستحب لمن صامه أن يصوم معه التاسع
” Di anjurkan /di Sunnahkan bagi seseorang yang ingin berpuasa Asyura’ (10 Muharram) agar berpuasa di tanggal sembilan”.( Lihat kitab Majmu’ al Fatawa Juz 25/167 cet. Daaru Ibni Hazm).

👉 Apakah ada amalan-amalan seperti berdoa di awal tahun baru, menghidupkan malamnya, Memakai baju baru, Shalat Khusus, menyembelih hewan, Menyalakan obor, Memakai celak, dan yang lainnya?

📕 Syakhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan :

وأما سائر الأمور مثل اتخاذ طعام خارج عن العادة، إما حبوب وإما غير حبوب أو تجديد لباس أو توسيع نفقة أو اشتراء حوائج العام ذلك اليوم أو فعل عبادة مختصة كصلاة مختصة به أو قصد الذبح أو ادخار لحوم الأضاحي ليطبخ بها الحبوب أو الاكتحال أو الاختضاب أو الاغتسال أو التصافح أو التزاور أو زيارة المساجد والمشاهد ونحو ذلك، فهذا من البدع المنكرة التي لم يسنها رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا خلفاؤه الراشدون ولا استحبها أحد من أئمة المسلمين لا مالك ولا الثوري ولا الليث بن سعد ولا أبو حنيفة ولا الأوزاعي ولا الشافعي ولا أحمد بن حنبل ولا إسحاق بن راهوية ولا أمثال هؤلاء من أئمة المسلمين وعلماء المسلمين”

” Adapun semua perkara, seperti membuat makanan yang luar kebiasaan ( makanan khusus), baik makanan yang berisi biji bijian atau bukan, Memakai baju baru, membagi bagi rezki, mengerjakan amalan amalan khusus seperti shalat Asyura atau malamnya, Memotong hewan, menyimpan daging sembelihan untuk di masak dengan biji bijian, memakai celak, mandi, berjabat tangan, saling menziarahi, atau berziarah ke masjd masjid dan yang lainnya, ini adalah termasuk BID’AH MUNGKAROH, yang tidak di sunnahkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam maupun para Khulafa’ Rasyidin, dan tidak pula para imam yang menganjurkan ini, baik Imam Malik, Imam Tsaur, Imam Laits, Abu Hanifah, Al Auza’i, Imam Syafii, Ahmad bin Hanbal, dan Ishaq, dan tidak pula di lakukan oleh para imam imam dan para ulama kaum muslimin”.(Lihat kitab Majmu’ Fatawa juz 25/167).

📕 Ibnu Rajab Al Hanbali rahimahullah mengatakan :

وأما اتخاذه مأتما كما تفعله الرافضة لأجل قتل الحسين بن علي رضي الله عنهما فيه، فهو من عمل من ضل سعيه في الحياة الدنيا وهو يحسب أنه يحسن صنعا، ولم يأمر الله ولا رسوله باتخاذ أيام مصائب الأنبياء وموتهم مأتما، لكيف من دونهم.

” Adapun menjadikan hari Asyuro’ sebagai hari kesedihan/hari ratapan sebagaimana yang dilakukan oleh orang Syi’ah Rofidhah karena terbunuhnya Husain bin Ali radhiallahu anhuma, maka hal itu termasuk perbuatan orang yang tersesat usahanya dalam kehidupan dunia sedangkan ia mengira bahwa ia melakukan.kebaikan. Allah dan rasulNya tidak pernah memerintahkan agar hari musibah dan kematian para Nabi dijadikan ratapan, lantas bagaimana dengan orang yang selain mereka?.( Lihat kitab Lathoiful Ma’arif hal.113 cet. Daaru Ibni Katsir oleh Ibnu Rajab Al Hanbali).

Semoga Allah Memberikan keistiqomahan kepada kita di atas islam dan sunnah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s