BERLINDUNG DARI KESYIRIKAN


br

LEBIH TERSEMBUNYI DARI LANGKAH SEMUT YANG MERAYAP :::

Oleh :
Ustadz Ibnu_Mukhtar, حفظه الله تعالى

Segala puji hanyalah milik اللّـﮧ. Sholawat dan salam untuk Rosululloh. Amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, semoga اللّـﮧ memberikan kefahaman dan manfaat dari hadits Nabi kita berikut :

Dari Ma’qil bin Yasar ~rodhiyallohu ‘anhu~, ia berkata : “Aku bersama Abu Bakar ash-Shiddieq ~rodhiyallohu ‘anhu~ menemui Nabi ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~. Setelah bertemu beliau berkata, ‘Wahai Abu Bakar! Sungguh perbuatan syirik lebih tersembunyi dari langkah semut yang merayap.’

Abu Bakar berkata, ‘Bukankah syirik itu menjadikan bersama Allah ada sesembahan yang lain?’

Nabi ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda : ‘Demi Alloh yang diriku dalam Tangan-Nya, sungguh perbuatan syirik itu lebih tersembunyi dari langkah semut yang merayap. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang jika engkau ucapkan maka syirik itu baik yang kecil maupun yang besar akan hilang darimu?’

Beliau bersabda : ‘Ucapkanlah :

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَ أَنَا أَعْلَمُ وَ أَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

Alloohumma innii a’uudzu bika an-usyrika bika wa ana a’lam wa astaghfiruka limaa laa a’lam

Artinya :

“Ya Allah sungguh aku berlindung kepada-Mu dari berbuat syirik kepada-Mu sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap apa-apa yang tidak aku ketahui’” [HR. Al Bukhori ~rohimahullah~ dalam Adabul Mufrod dishohihkan oleh Syaikh Al Albani ~rohimahullah~ dalam Shohiehu Adabil Mufrod no. 554]

Semoga اللّـﮧ melindungi kita semua dari terjatuh kepada kesyirikan dan semua perkara yang mengundang murka dan siksa-Nya. Dan semoga kita termasuk hamba2-Nya yang selamat di dunia dan di akhirat kelak.

Aamiin.

Wa shollallohu wa sallama ‘alaa Nabiyyina Muhammad

*****

Leave a Reply

