AMAL-AMAL SALEH


maupun

::: SEHARI MEMBAWA KEBERUNTUNGAN DUNIA DAN AKHIRAT… :::

Oleh :
Ustadz Rochmad Supriyadi, حفظه الله تعالى

Alhamdulilah, wassholatu wassalamu ala Rosulillah, wa ba’du;

Tidaklah seorang yang pada suatu hari ia tanpa sengaja mengambil gangguan yang melintang di tengah jalan mengira bahwa amalan tersebut merupakan suatu amalan yang sangat berharga sekali tatkala ia berada di akhirat, karena Allah Ta’ala telah mengampuni segala dosa-dosa nya lantaran amalan tersebut.

Tidaklah seorang perempuan pezina mengira segala dosa-dosa nya terampuni tatkala ia memberikan seteguk air kepada se ekor anjing yang sangat kehausan hingga menyelamatkan nyawa anjing tersebut, hingga Allah Ta’ala bersyukur kepada nya, dan menjadikan hari tersebut merupakan hari yang paling membawa keberuntungan pada diri nya tatkala ia berada di akhirat.

Dan hari yang paling berbahagia bagi Nabi Yusuf alaihissalam adalah hari yang ketika itu ia berhasil terbebas dari jeratan godaan sang istri raja seraya berkata, ” Aku berlindung kepada Allah”, hingga dengan ungkapan ini Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّهُۥ مِنْ عِبَادِنَا ٱلْمُخْلَصِينَ

Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.”

(Q.S. Yusuf :24)

Para sahabat yang menyaksikan perang Badar, Allah Ta’ala berkata kepada mereka,

اعملوا ما شئتم فقد غفرت لكم

” Berbuatlah sesuka kalian, sungguh Aku telah mengampuni kalian “

Sahabat Muliya Talhah radhiyallahu anhu tatkala memberikan punggungnya kepada Nabi Sallallahu alaihi wa sallam untuk di injak dengan kaki beliau yang mulia Sallallahu alaihi wa sallam, maka Nabi bersabda,

أوجب طلحة ، أي الجنة

” Sungguh ia, Talhah, mendapatkan surga”

Sesungguhnya setiap jiwa mukmin bisa jadi memiliki suatu amalan yang istimewa, dan berharga untuk kehidupan dunia dan akhirat nya, dengan nya ia menggapai ridho Allah Ta’ala dan mendapatkan ampunan-Nya, tatkala Allah Ta’ala melihat kepada catatan amalan nya, mendapati hati yang memiliki cahaya iman, hingga menyinari lembaran amal nya, di hari perhitungan amal.

Adakah dirimu memiliki satu amalan yang istimewa, dengan nya menghapuskan dosa-dosa. ..?

Atau belum datang kesempatan tersebut untuk diri mu…?

Adakah tetesan air mata di waktu sunyi telah menghapus dosa-dosamu. ..?

Pernah kah usapan tangan mu kepada kepala anak yatim yang membutuhkan belas dan iba telah menghantarkan kepada ridho Allah Ta’ala. …?

Sudahkah uluran tangan mu kepada seorang muslim membuat dosa-dosa terampuni dan Allah bersyukur kepada diri mu. ..?

Apakah suatu perkataan yang hak yang engkau sampaikan ke khalayak umum membuat dosa-dosa mu terhapus dari catatan lembar amalan. …?

Tahukah bahwasanya engkau menutupi aurat dan kekurangan seorang muslim telah menjadikan Allah Ta’ala ridho akan perbuatan mu. …?

Sadarkah tatkala engkau memberikan makanan kepada fakir miskin telah menjadikan dirimu terbebas dari sentuhan api neraka. ..?

Kita semua tidak mengetahui, apakah kita mendapatkan taufik dan inayah dari Allah Ta’ala sehingga melakukan amalan yang sederhana yang menghantarkan kepada ridho Allah Ta’ala atau belum datang waktunya. …?

Wahai saudaraku yang semoga Allah memberikan limpahan Taufik. …..

Seyogyanya setiap hari engkau memiliki suatu amalan yang engkau niatkan dapat menghapus dosa-dosamu dan menghantarkan kepada keberuntungan kekal abadi dan menyelamatkan diri dari siksa api neraka.

*****

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s