MANAGEMENT JARINGAN (NETWORK)


Element Manager (EM) adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang bertanggung jawab dalam me-manage sebuah elemen jaringan atau sebuah cluster dari elemen-elemen yang sama. Dalam konteks ini, EM bukan sebuah NMS yang bertanggung jawab dalam me-manage seluruh jaringan. Biasanya EM hanya me-manage sebuah elemen jaringan. EM harus terintegrasi pada NMS dan hubungannya harus terbuka.

156

Kesatuan dalam EM adalah :

  1. Element Manager Client (EMC), adalah antarmuka bagi pengguna dari EM yang men-generate permintaan manajemen pada Element Manager Server(EMS), menunggu respon, dan menampilkan hasil pada pengguna. Setiap permintaan manajemen bisa saja mengandung satu atau lebih tugas manajemen. Sebagai contoh :
    1. Membaca status elemen
    2. Memonitor jaringan elemen
    3. Membaca log/alarm
    4. Menampilkan beberapa data dinamis pada elemen jaringan
  2. Element Manager Server (EMS), terdiri dari server logic sistem manajemen elemen dan bertanggung jawab dalam menerima client, request, memproses, dan mem-forward ke jaringan elemen yang benar jika diperlukan dan akhirnya untuk mengirimkan kembali respon pada EMC.
  3. Network Elements (NEs), bertanggung jawab dalam menyediakan layanan aktual pada pengguna NE. Pengguna itu mungkin adalah pengguna sebenarnya atau elemen yang lain.
  4. Agent, dimiliki oleh setiap elemen yang bertanggung jawab dalam mengimplementasikan tugas manajemen spesifik dari elemen tersebut.

Communication Management Protocol (CMP), berfungsi menspesifikasikan sintaks dan semantik dari pesan yang dipertukarkan antar EMC dan EMS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s