MPS


MPS adalah salah satu peralatan pneumatic yang merupakan jenis dari PLC. Pada tugas akhir ini, MPS yang digunakan yaitu FESTO.

MPS

MPS banyak dikenal dan digunakan pada industri-industri sebagai pengontrol produksi atau sebagai bahan pembelajaran mahasiswa teknik. MPS merupakan suatu peralatan yang dikendalikan oleh PLC. MPS memiliki 4 stasiun yaitu Distribution Station, Testing Station, Processing Station dan Handling Station dimana setiap station memiliki fungsi dan program untuk menjalankannya.

Peralatan MPS

Peralatan MPS termasuk peralatan pneumatic dan electro pneumatic yang dikontrol oleh PLC. Dimana peralatan pneumatic adalah peralatan yang bekerja dan digerakkan dengan menggunakan udara yang bertekanan. Sedangkan electro pneumatic adalah peralatan yang bekerja dan digerakkan oleh udara bertekanan dimana untuk mengeluarkan udaranya digunakan katup yang bekerja menggunakan tegangan listrik, contohnya selenoid valve, electrical input buttons, proximity switches dan relay. Karena penggerak utama MPS adalah udara yang bertekanan, sehingga dibutuhkan pula sumber udara yang mampu menyediakan tekanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Peralatan sumber udara tersebut berupa sebuah kompresor. Range tekanan yang dibutuhkan peralatan agar dapat bekerja yaitu berada pada range 2 – 10 bar.

Input Proses Output MPS

Pada suatu system MPS memiliki input, proses dan output. Input yang diterima oleh MPS berasal dari sensor, limit switch, push button dan selector switch. Sedangkan proses yang dilakukan oleh MPS adalah sesuai dengan program yang dimasukkan ke MPS tersebut. Output pada MPS berupa selenoid dan motor yang bekerja sesuai dengan program yang dimasukkan.

Fungsi MPS

Pada umumnya MPS mempunyai fungsi sebagai seperangkat peralatan yang mengontrol suatu produksi. Setiap stasiun MPS memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu sebagai stasiun awal yaitu sebagai feed station, kemudian benda yang dikirim di seleksi pada testing station yaitu untuk mengetahui jenis, ukuran serta warna barang yang tepat. Benda yang lolos seleksi diolah pada processing station. Pada processing station dilakukan pembentukan benda yang nantinya akan di teruskan pada stasiun yang terakhir yaitu handling station.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s