PENGERTIAN DAN ARSITEKTUR General Packet Radio Services (GPRS)


GPRS

Teknologi transmisi data GSM berupa GPRS (General Packet Radio Services) adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk pelayanan data wireless seperti pada wireless intenet atau intranet serta pelayanan multimedia. GPRS disebut juga sebagai teknologi jaringan telepon seluler generasi ke 2,5. GPRS menggunakan 1 sampai 8 slot waktu (time slot) yang dapat digunakan secara bersamaan oleh pengguna yang lain. Kecepatan maksimum secara teoritis sampai dengan 171.2 kbps bisa diperoleh dengan GPRS yang menggunakan kedelapan time slot secara bersamaan. Biasanya disebut sebagai GSM-IP (internet Protocol), karena akan menghubungkan pengguna dengan ISP (Internet Service Provider).

Fungsi GPRS

Pengguna GPRS, hanya akan memakai kanal radio saat ia mengirim atau menerima data. Saat ia tidak melakukan transaksi data, kanal radio (khusus GPRS) tidak akan digunakannya. Namun, walaupun tidak melakukan transaksi data, pengguna GPRS tetap terkoneksi ke jaringan, tanpa membebani kanal GPRS. Dengan teknologi ini panggilan secara voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data. Melalui fitur GPRS ini, kita dapat mengirimkan gambar maupun video (moving picture) dari server ke client atau dari client ke client. Tetapi ini tergantung dari jenis hp yang digunakan.

Secara rinci ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bahwa GPRS merupakan teknologi kunci untuk data bergerak, yakni;

  • Mampu memanfaatkan  kemampuan cakupan global yang dimiliki GSM
  • Memperkaya utiliti investasi untuk perangkat GSM yang sudah ada
  • Merupakan teknologi jembatan yang bagus menuju generasi ke 3
  • Menghilangkan atau mengurangi beberapa pembatas bagi akses data bergerak
  • Berbasis paket sehingga mampu memenuhi lalu lintas data (yang lazimnya bersifat rentetan / burst) dan mampu memberikan pelayanan pada banyak pengguna.
  • Dapat berfungsi sebagai komunikasi yang ‘selalu’ terhubung sehingga memiliki waktu sesi hubungan yang pendek dan akses langsung ke internet
  • Menawarkan QoS (Quality of Service = kualitas layanan), mendukung adanya penundaan mana yang lebih didahulukan sesuai dengan kriteria yang berbeda-beda, serta berbagai kelas reliabilitas
  • Menawarkan hubungan komunikasi dalam bentuk point to point atau multipoint.
  • Memiliki keamanan yang sudah menjadi ciri bagi data yang terpaketisasi.

Untuk dapat menggunakan GPRS, diperlukan beberapa hal yaitu:

  • Hp atau terminal dengan sistem GPRS (banyak telepon baru yang telah menyediakan sistem ini).
  • Mendaftar pada operator network dengan sistem GPRS.

Penggunaan  GPRS harus telah diizinkan oleh operator network bersangkutan.

  • Pengetahuan tentang bagaimana mengirim dan menerima informasi GPRS dengan handphone yang dimiliki.
  • Sebuah tujuan untuk mengirim atau menerima informasi melalui GPRS. Kalau pada SMS biasanya tujuan ini adalah hp orang lain, maka pada GPRS kemungkinan tujuan yang paling banyak adalah alamat pada internet, karena GPRS didisain agar internet dapat digunakan oleh pemegang handphone.

Untuk mendukung karakter jaringan GPRS, tentu ada persyaratan tambahan pada perangkat keras mobile cellular.  Sebuah perangkat mobile cellular GSM sekarang ini pada dasarnya memiliki ROM 1MB dan RAM 128KB. Untuk mendukung GPRS, WAP dan beberapa fungsi organizer, pabrikan mempertimbangkan kapasitas minimum 4MB ROM dan 512KB RAM, belum lagi tampilan (display) memiliki resolusi tinggi dan lebar ditambah dengan keypad, atau joystick mini. Tentu hal ini berdampak pada kenaikan harga perangkat tersebut. Namun produk semacam ini nantinya ditujukan bagi pengguna atau pelanggan bisnis, yang selalu melihat piranti tunggal sebagai suatu hal praktis yang memenuhi komunikasi mereka dan kebutuhan organiser.

Arsitektur GPRS

gprs

Gambar diatas adalah arsitektur GPRS dalam jaringan GSM. Dari gambar dapat dilihat bahwa beberapa komponen dan antarmuka tambahan yang diperlukan untuk komunikasi paket radio dengan tetap melakukan beberapa modifikasi pada komponen GSM.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s