PENGERTIAN Short Message Service (SMS)


SMS

Short Message Service (SMS) adalah salah satu fasilitas dari teknologi GSM yang memungkinkan mengirim dan menerima pesan-pesan singkat berupa text dengan kapasitas maksimal 160 karakter dari Mobile Station (MS). Kapasitas maksimal ini tergantung dari alphabet yang digunakan, untuk alphabet Latin maksimal 160 karakter, dan untuk non-Latin misalnya alphabet Arab atau China maksimal 70 karakter.

Service SMS membutuhkan sistem SMS Center (SMSC) yang menyimpan dan mem-forward text yang dikirimkan. Pada saat pesan SMS dikirim dari handphone (mobile originated) pesan tersebut tidak langsung dikirimkan ke handphone tujuan (mobile terminated), akan tetapi dikirim terlebih dahulu ke SMS Center (SMSC), baru kemudian pesan tersebut diteruskan ke handphone tujuan.

Jaringan SMS

Arsitektur dasar jaringan SMS sebagai berikut:

SMC

Elemen jaringan SMS terdiri dari , yaitu:

  • SME (Short Message Entity), merupakan tempat penyimpanan dan pengiriman message yang akan dikirimkan ke MS tertentu.
  • SMSC (SMS Centre), bertugas untuk menerima message dari SME dan melakukan forwarding ke alamat MS yang dituju.
  • SMS-GMSC (Short Message Service – Gateway MSC ), melakukan penerimaan message dari SMSC dan memeriksa parameter yang ada. Selain itu GMSC juga mencari alamat MS yang dituju dangan bantuan HLR, dan mengirimkannya kembali ke MSC yang dimaksud.
  • SMS – IWMSC (Short Message Service – Interworking MSC ), berperan dalam SMS MessageOriginating, yaitu menerima pesan dari MSC
  • Home Location Register (HLR), database untuk penyimpanan dan manajemen pendaftaran serta service profile. Bersama dengan SMSC, HLR menyediakan informasi routing pelanggan.
  • Mobile Switching Center (MSC), melaksanakan fungsi switching dari sistem dan mengontrol hubungan untuk dan dari Subscriber serta mengirimkan pesan SMS tersebut melalui rute yang tepat.
  • Visitor Location Register (VLR), database sementara mengenai informasi pelanggan. Informasi ini dibutuhkan oleh MSC untuk melihat service yang dimiliki oleh pelanggan yang datang tersebut.
  • Base Station Subsystem (BSS), mengatur hubungan radio antara MSC dan mobile stations.

Proses Pengiriman SMS ke Subscriber

Pengiriman SMS  menggunakan kanal kontrol (kanal Signaling) memiliki dua tipe :

  • SMS Point to Point
    Yaitu pengiriman SMS hanya dari satu MS ke MS tertentu
  • SMS Broadcast
    Yaitu pengiriman SMS  ke beberapa MS sekaligus, misalnya dari operator kepada seluruh  pelanggannya.an kanal kontrol (kanal Signaling).

SMS Gateway

SMS gateway  adalah sebuah modul yang memungkinkan kita mengirim dan menerima pesan melalui SMS. Secara fungsional SMS gateway  terpisah dari jaringan komunikasi bergerak, untuk itu SMS gateway dapat berinterkoneksi dengan semua platform teknologi informasi (IT). SMS gateway menyediakan interfaceinterface yang mudah digunakan (Easy to use) dan beberapa source platform yang sering digunakan seperti iSeries, Win32, Lotus Domino, Apache Web Server.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s